• Breaking News

    Sunguh Disayangkan Proyek Semenisasi Jalan Pinang Manis Desa Buluh Manis Terkesan Asal Jadi

    Sunguh Disayangkan  Proyek Semenisasi Jalan Pinang Manis  Desa Buluh Manis Terkesan Asal Jadi




    Bathin Solapan - Pentingnya pembangunan sarana infrastruktur di daerah pedesaan dinilai sangatlah penting untuk menunjang faktor ekonomi masyarakat serta kemajuan daerah / desa itu sendiri supaya lebih berkembang dan maju.

    Untuk itulah Pemerintah Pusat menghimbau agar setiap Desa mempunyai progam terkait pengembangan sarana Infrastruktur maupun pembangunan Desa yang nantinya dikerjakan menggunakan Dana Desa ( DD ) yang telah disalurkan dan diterima oleh Masing-masing Desa, Sehingga dapat dinikmati oleh Masyarakat / Warga Desa tersebut.

    Bahkan terkait mekanisme Pengelolaan serta Penggunaan Dana Desa juga diterangkan secara Gamblang melalui Peraturan Menteri Desa ( Permendes ) , Pembangunan Daerah Tertinggal dan Desa Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 dicabut diganti dengan Permendesa PDTT No 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

    Dimana selain harus tepat sasaran mutu serta kwalitas bangunan yang dibiayai menggunakan Dana Desa (DD) ini juga harus bagus dan Maksimal sehingga nantinya dapat dinikmati oleh Warga / seluruh Masyarakat Desa dengan jangka yang lama.

    Namun nampaknya hal tersebut tidak dilakukan oleh Pihak Desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis , Dimana sesuai hasil investigasi Awak Media dilapangan Kondisi Fisik serta mekanisme pengerjaan Proyek Semenisasi Jalan  Pinang Manis RT. 02/03 Desa Buluh Manis tersebut dinilai kurang maksimal serta diduga tak sesuai Spek.


    Bahkan pekerjaan Semenisasi Jalan Pinang Manis dengan Ukuran Volume 120 X 3 X 0,15 M dengan biaya sebesar Rp. 98.577.440 ( Sembilan Puluh Delapan Juta Lima Ratus Tujuh Puluh Tujuh Ribu Empat Ratus Empat Puluh Rupiah ) ini dikerjakan tidak seperti proyek Semenisasi Jalan lainnya bahkan hal ini terkesan seperti dipaksakan.

    Dimana Pekerjaan pembangunan Semenisasi Jalan yang biasanya dikerjakan dalam satu badan sesuai dengan volume yang tertera di plang proyek kini malah dikerjakan secara terpisah karena terdapat bangunan Semenisasi Jalan yang lama .

    Beberapa Meter dikerjakan dari depan sampai menyambung Semenisasi lama beberapa meter lagi dibangun dibelakang menyambung bangunan  Semenisasi lama.

    Padahal kondisi fisik Jalan Semenisasi lama tersebut sudah rusak dan sudah layak untuk direnovasi atau diperbaiki kembali .

    Hal tersebut seakan terabaikan, Dimana Pemerintah Desa Buluh Manis lebih memilih untuk melakukan pembangunan proyek Jalan Semenisasi tersebut dengan cara Menyambungkan Bangunan Semenisasi Jalan yang Baru dengan Bangunan Semenisasi Jalan yang Lama.

    Namun sekali lagi Mekanisme tata cara penyambungan badan Jalan Semenisasi yang dilakukan oleh Jajaran Pemerintah Desa yang terlibat pembangunan Jalan tersebut diduga asal jadi dan terkesan asal - asalan tanpa memikirkan mutu serta kwalitas dari bangunan itu sendiri .


    Seperti yang terlihat pada gambar yang diambil oleh Awak Media dilapangan pada hari Jumat , 13 Desember 2019,  Yang mana Penyambungan Antara Semenisasi lama dengan Semenisasi yang baru dengan cara ditempel / ditimbun dari atas menggunakan semen tanpa terlebih dahulu mengeruk / mengalinya dan dipasangkan Besi Angker sebagai pengikat / penghubung sambungan tersebut sebelum ditimpa dengan semen agar lebih kuat dan tahan lama.

    Hal ini tentunya sangat disayangkan, Seharusnya pembangunan sarana Infrastruktur di suatu Desa lebih mengutamakan kwalitas serta mutu ketahanan bangunan sesuai dengan aturan serta Bestek yang ada.

    Tak hany itu saja menurut informasi yang didapatkan oleh Awak Media , Pembangunan Semenisasi Jalan Pinang Manis yang sebelumnya menggunakan Dana Desa (DD) APBN 2019 ini dikabarkan akan dilanjutkan dengan cara Gotong Royong ( GORO )


    Selanjutnya Awak Media pun segera menghubungi  Wisnu salah seorang Pekerja Desa Buluh Manis yang diketahui sebagai Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Buluh Manis Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis guna melakukan konfirmasi atas temuannya.

    Namun setelah dihubungi beberapa kali melalui sambungan telepon seluler nya , Awak media belum juga berhasil menghubungi Wisnu karena saat itu panggilan yang dilakukan tidak dijawab oleh TPK Desa Buluh Manis.

    Tak mau berhenti sampai  disitu saja kemudian awak media mengirimkan SMS Konfirmasi melalui via WhatsApp yang pada saat itu diketahui dibaca oleh Wisnu ,Namun sangat disayangkan Konfirmasi yang dikirimkan oleh Awak Media ini tak kunjung juga mendapatkan jawaban dari TPK Desa Buluh Manis .


    Sampai berita ini diturunkan belum ada kejelasan maupun jawaban dari terkait khususnya TPK serta pihak desa Buluh Manis yang terlibat dalam proses pembangunan serta pengawasan Pembangunan Semenisasi Jalan Pinang Manis .



    PENULIS : ALI

    Post Bottom Ad