• Breaking News

    DPRD Dumai Apresiasi Cara Publikasi Kegiatan DPRD Pekanbaru


    PEKANBARU - Bagian Protokoler Sekretariat DPRD kota Pekanbaru mendapat kunjungan DPRD kota Dumai, Kamis (30/1/2020). Rombongan DPRD Dumai mengapresiasi cara Protokoler Sekretariat DPRD Pekanbaru dalam melakukan publikasi kegiatan DPRD kota Pekanbaru.

    Rombongan disambut di ruangan rapat DPRD kota Pekanbaru oleh Kabag Protokol Badria Rikasari beserta staf. Rombongan dipimpin Ketua DPRD Kota Dumai Agus Purwanto. Dalam pertemuan terjadi diskusi mengenai banyak hal, namun yang menonjol berkaitan publikasi kegiatan DPRD kota Pekanbaru.

    "Kita ke sini secara administrasi memang bukan ketemu ketua, namun bagaimana DPRD Pekanbaru berkomunikasi dengan wartawan," kata Ketua DPRD kota Dumai, Agus Purwanto, saat dikonfirmasi usai pertemuan.

    Dikatakannya, dari pemaparan yang disampaikan Kabag Protokol Badria Rikasari dalam diskusi, didapat informasi mengenai langkah-langkah efektif dalam memaksimalkan publikasi kegiatan para anggota DPRD.

    "Kita ingin bagaimana kita coba aplikasikan di Dumai, komunikasi yang baik dengan struktur kedewanan maupun wartawan," terang Agus.

    Diakui Agus, bahwa di DPRD kota Dumai sejauh ini masih belum semaksimal DPRD kota Pekanbaru dalam merangkul para wartawan dalam menyebarluaskan informasi kegiatan dewan kepada masyarakat. Sehingga ia merasa hal tersebut perlu dicarikan solusi.

    "Masyarakat perlu tahu apa yang dewan kerjakan, karena kalau tertutup seolah kita tak bekerja, ini yang ingin kita aplikasikan nantinya bagaimana di sini (DPRD kota Pekanbaru) berkomunikasi dengan wartawan dalam menyebarluaskan informasi kegiatan dewan," terang Agus lagi.

    Dalam pertemuan itu, rombongan DPRD kota Dumai juga langsung bertanya kepada para wartawan posko DPRD kota Pekanbaru yang merupakan mitra Bagian Protokoler dalam menyebarluaskan informasi kegiatan-kegiatan Anggota DPRD kota Pekanbaru.

    Di DPRD kota Pekanbaru ada belasan wartawan yang setiap hari posko melakukan peliputan berita. Mereka membuat perkumpulan wartawan dengan nama Forum Wartawan Legislatif (FWL), terdiri dari wartawan-wartawan utusan media, melakukan tugas sesuai dengan aturan yang ada tentang jurnalistik.

    "Kami membentuk forum ini, teman-teman wartawan yang tergabung tentunya memenuhi kriteria sebagai wartawan, baik online, cetak, TV maupun radio. Sehingga melaksanakan tugas bisa menjunjung tinggi kode etik jurnalistik," terang Ketua FWL DPRD Pekanbaru, Doni menjelaskan kepada rombongan DPRD kota Dumai.

    Demikian pula disampaikan Kabag Protokol Badria Rikasari, komunikasi yang terjalin antara Dewan dengan wartawan selama ini berjalan dengan baik. Sehingga publikasi kegiatan dewan juga berjalan sesuai yang diharapkan, bahkan selalu ditingkatkan untuk semakin maksimalnya masyarakat mengetahui kegiatan anggota dewan.

    "Intinya komunikasi, teman-teman wartawan disini juga kita buatkan sarana komunikasi, seperti group WhatsApp, kemudian semua agenda dewan diinformasikan ke group, agar teman-teman wartawan bisa meliput kegiatan tersebut kemudian menjadikan berita untuk dimuat di media masing-masing," terang Badria.

    Diskusi DPRD kota Dumai dan Bagian Protokoler Sekretariat DPRD kota Pekanbaru berlangsung hangat. Usai menyantap makanan yang dihidangkan, acara ditutup dengan foto bersama.





    Sumber: Datariau.com

    Post Bottom Ad