• Breaking News

    Menguak asal-usul marga Sembiring Kembaren

    Menguak asal-usul marga Sembiring Kembaren

    Publikasi 25 January 2020

    LIBASRIAU.COM - Dua hari yang lalu, saya mewawancara bengkila Inganta S Kembaren mengenai asal usul merga Sembiring Kembaren. Kisah yang panjang dan sangat menakjubkan.

    Diriku ingin merekam lebih banyak lagi mengenai asal usul per sub merga. Betapa kayanya orang Karo. Candi ataupun situs yang tidak pernah hilang adalah Merga.
    Namun, seperti asal usul Sembiring Kembaren bukan hanya mitos. Kisah yang panjang ini memiliki bukti salah satunya Kerajaan Liang Melas yang diakui oleh berbagai keturunan yang tersebar.

    Kami, Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Karo, sangat berbangga hati apabila temuan sub merga dapat dikumpulkan berikut dengan bukti-bukti yang menguatkan sehingga nantinya kami, kita, bersama-sama dapat membuat suatu buku panduan dan sejarah mengenai KARO.

    Tim Ahli Cagar Budaya , yang dibantu oleh pemerintah Kabupaten Karo, dibantu pula oleh masyarakat, terdiri dari anggota yang memiliki disiplin ilmu pada bidangnya masing-masing seperti arkeolog, antroplog, geolog, sejarawan dan budayawan.

    Kami ingin tahu lebih banyak lagi, ingin mendapat lebih banyak lagi terutama benda alam atau buatan manusia yang harus dilestarikan dan dipelihara di bawah hukum undang-undang cagar budaya, agar kita semua semakin sejahtera. Bujur ras mejuah-juah man banta kerina.

    Oleh : Nancy meinitha
    SUMBER : Karogaul.com

    Tidak ada komentar

    Post Bottom Ad