• Breaking News

    Mobil Dinas Pemkab Rohul Mangkrak di Biarkan, Ada Apa.?


    ROHUL- Diduga, "satu unit mobil dinas Pemkab Rokan Hulu (ROHUL) BM 1230 M di mangkrak kan" di lapangan bola volly di desa Kampung Bukit Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu. Rabu (1/1/2020)

    Sementara Kendaraan dinas merupakan kendaraan milik pemerintah daerah yang digunakan hanya untuk kepentingan dinas.

    Keberadaan mobil dinas di lingkungan Pemerintah Daerah diperuntukkan untuk menunjang dan menopang kinerja PNS dalam melaksanakan tugas, sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan motivasi kerja.

    Menurut informasi yang dihimpun dari warga setempat ber inisial M,R yang tidak mau disebut namanya mengatakan,"itu Mobil Dinas Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dan dugaan saya Mobil dinas yang ber Plat BM 1230 M. mobil yang di peruntukan untuk (Dinas Lingkungan Hidup) DLH Kabupaten Rokan Hulu.

    Mobil Dinas itu sudah saya perhatikan sejak lama parkir di lapangan Volly ini,kalau tidak salah mobil itu di pampangkan di lapangan bola Polly itu sudah ada  selama satu setengah bulan mas," ungkapnya.

    Di tempat yang berbeda Hal senada juga di ucapkan I,S,M seorang warga yang sering melintas di daerah dekan lapangan bola volly tersebut. I,S,M mengatakan," ya saya sering melintas dari daerah ini apalagi dari dekat lapangan bola volly ini memang benar saya melihat mobil dinas yang ber plat BM 1230 M itu sudah ada satu setengah bulan disana dan saya dengar yang sering membawa mobil itu yang bernama jasmin yang dulunya bekerja di Dinas Lingkungan Hidup tetapi saat ini entah masih di dinas Lingkungan Hidup dia bekerja atau tidak aku tidak tau lagi," ungkap I,S,M

    Setelah di telusuri oleh awak media ini dari berbagai sumber. menurut keterangan berbagai sumber mengatakan," ternyata pemakai kendaraan ini yang bernama jasmin yang saat ini bertugas di
    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang menjabat sebagai Kasi.

    Edi dari LPP Tipikor yang turut prihatin memperhatikan Kendaraan Dinas yang di mangkrakkan itu juga turut memberikan komentar, Edi mengatakan,"Sungguh di sayangkan
    Kendaraan yang nampak masih bagus itu kok dibiarkan ber hari-hari di lapangan Bola Volly itu, kan sayang mobil itu terus menerus disana kena terpanggang matahari tanpa di kasi sarung atau terpal penutup kalau memang orang dinas pemkab rohul tidak mempergunakan nya lagi apa salahnya mobil dinas tersebut dilelang untuk masyarakat," ungkap nya dengan geram.

    Ditambahkan nya,"sungguh di sayangkan sistim  kepengawasan kendaraan dinas dari BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah) Kabupaten Rokan Hulu, coba mas bayangkan jasmin memang dulunya bekerja di (Dinas Lingkungan Hidup) DLH Kabupaten Rokan Hulu. Okelah di pasilitasi kendaraan dinas dari dinas tersebut.

    Tetapi kan saat ini dia sudah dimutasikan ke Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan saat ini dia menjabat sebagai Kasi".

    "Apakah kendaraan itu bisa bertukar secara otomatis tampa ada penyerahan pertukaran untuk  pengguna antara dari satu dinas ke dinas yang lain kita tidak tau. sementara Pengaturan penggunaan mobil dinas berdasarkan UUD NRI 1945, Undang- undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014, Undang- undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2013.

    Undang- undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 20014, Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2006, Pengawasan dilakukan berdasarkan asas desentralilasi dimana Pemerintahan Pusat melipahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Daerah untuk menindaklanjuti.

    Atau mengurus daerahnya masing masing. Instansi yang berwenang dalam hal pengawasan adalah BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah),"ungkap nya.

    Anisbar Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup saat dikonfirmasi awak media ini mengatakan,"terkait dengan kendaraan dinas yang sebelumnya diperuntukkan untuk DLH memang itu benar Mas, ya maklumlah mas saya kan baru pindah ke DLH, dan hal itu sudah pernah di bicarakan kepada pak Jasmin melalui Kasubag umum dan pak Jasmin kan aparatur Negara yang bagus,coba bapak tanya kepada beliau.

    Sebagai aparatur sipil Negara yang baik dan sudah lama menikmati ya seharus nya di kembalikan saja.dan kami akan kembali menyurati hal itu mas",ungkap nya.

    Di tempat yang berbeda saat Kabi Aset BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah)Kabupaten Rohul di konfirmasi melalui telepon genggam nya mengatakan,"masalah mobil dinas yang mangkrak, rusak atau yang lain nya seharusnya setiap kepala OPD atau Dinas masing masing yang harus bertanggung jawap.

    Kepala OPD itu sendiri seharusnya mengimformasikan kepada BPKAD mas.akan tetapi besok kami akan turun untuk memperhatikan mobil dinas tersebut," ungkap Kabi Aset BPKAD.

    Sementara, Jasmin yan di duga pengguna mobil kendaraan dinas BM 1230 M yang sedang mangkrak tersebut belum dapat di konfirmasi sampai berita ini diterbitkan.



    Penulis: Liber Sh.
    Editor: Toni Octora.

    Post Bottom Ad