• Breaking News

    Pastikan Api Sampai Benar - Benar Padam " Kompol Firman V.W.A Sianipar, SH.,MH Turun Langsung Pimpin Proses Pemadaman Karhutla

    Pastikan Api Sampai Benar - Benar Padam " Kompol Firman V.W.A Sianipar, SH.,MH Turun Langsung Pimpin Proses Pemadaman Karhutla


    Bengkalis, Pinggir - Pastikan pemadaman Lahan semak belukar di Desa Tasik Serai Barat Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis memang benar - benar dalam keadaan mati total .

    Mengingat kondisi lahan yang semak belukar dengan jenis tanah Gambut serta merupakan Zona Inti Giam Siak Kecil , maka Pada Hari Sabtu tanggal 18 Januari 2020 sekira pukul 08.00 WIB s/d selesai (Hari Keempat) telah dilakukan kembali kegiatan  pendinginan karhutla dan pencegahan jalar api di areal semak belukar yang terbakar di Desa Tasik Serai Barat Kec Talang Muandau Kab Bengkalis (titik koordinat Bujur: 101.525405884  Lintang : 1.35066342354  dan Bujur: 101.517707825  Lintang 1.3417191048) 

    Dalam giat tersebut Kapolsek Pinggir KOMPOL Firman V.W.A Sianipar, SH.,MH. Memimpin langsung upaya pemadaman Lahan terbakar dengan menggunakan peralatan pemadam kebakaran seperti, 2 (dua) Unit alat berat mrk HITACHI, 6 (enam) unit mesin pemadam (ministiker), Selang 60 (enam puluh) gulung dan 1 (unit) drone jenis DJI Phantom 4 untuk melihat kondisi areal yang terbakar dari udara .


    Selanjutnya untuk upaya pemadaman 56 orang yang berasal dari beberapa instansi baik Kepolisian ,TNI serta beberapa Instansi lainya dibagi menjadi beberapa kelompok guna mempermudah proses pemadaman .

    9 Kelompok yang hadir dalam giat pemadaman Karhutla sebagai berikut : 

    a. *personil Polsek Pinggir* : dipimpin Kapolsek Pinggir KOMPOL Firman V.W.A Sianipar, SH.,MH, 

    b. *Personil Sat Sabhara Polres Bengkalis*: 5 orang dipimpin Kasat Sabhara AKP Basuki.

    c. *RPKH PT SPA Distrik Duri III* : 10  orang

    d. *MPB Desa Tasik Serai*: 2 orang

    e. *TNI / Koramil Mandau*: 6 orang

    f. *Manggala Agni*: 7 orang

    g. *Regu Damkar Kec Pinggir* : 7 orang

    h. *BKSDA* : 5 orang

    i. *BPBD Kec Talang Muandau* : 3 orang

    . Perangkat Kec. Talang Muandau : -

    k. Perangkat Kec Bandar Laksamana : -

    l. Perangkat Desa Tasik Serai Barat : -

    m. Perangkat Desa Bukit Kerikil : -

    Kapolsek Pinggir menerangkan bahwasanya sedikitnya kurang lebih 56 ( Lima Puluh Enam ) orang yang hadir pada saat itu terus berupaya untuk dapat segera memadamkan api yang masih belum padam , " Ungkapnya.


    Dimana disebutkan dalam proses pemadaman Lahan seluas  ± 10 Ha itu ,mereka harus berjuang keras di tengah panas terik matahari dan tiupan angin yang Kencang sehingga api begitu mudah menjalar ke semak belukar yang lainnya karena keadaan tanah yang kering dan bergambut , Namun berkat kekompakan serta kerjasama team yang baik akhirnya api dapat dipadamkan .

    " Alhamdulillah saat ini kondisi akhir dilapangan api sudah padam ,Namun masih mengeluarkan asap ," Terang Kapolsek Pinggir melalui Humas Polsek Pinggir.

    " Untuk itulah sampai saat ini kami masih tetap berupaya untuk melakukan pendinginan total bekas lahan yang terbakar dan membuat sekat bakar ," Terangnya.

    Sementara itu terkait penyebab Karhutla dan pemilik lahan masih dalam proses Lidik .

    Penulis : Ali 

    Tidak ada komentar

    Post Bottom Ad