• Breaking News

    Referensi Pemikiran Budi, Menggugah Hati Para Pengunjung Terkait Suka Cita Pedagang Di Pantai Panorama


    DUMAI - Pantai Panorama merupakan tempat Destinasi Wisata Pantai yang bisa dijadikan tempat berlibur bersama keluarga, sahabat, mitra kerja dan lainnya.

    Di areal Pantai Panorama ini berisikan Puluhan Pedagang yang membuka Kedai/Warung/Kantin yang merupakan masing-masingnya milik Warga dari Dua (2) Kelurahan, yaitu Kelurahan Teluk Makmur dan Kelurahan Mundam Kecamatan Medang Kampai, ada yang dari Kalangan Warga Kurang Mampu dan ada pula yang berstatus Janda dan ada pula untuk menambah rezeki.
    Masing-masingnya menaruh harapan untuk mendapatkan rezeki guna menghidupi anak-anaknya, maka dari itu tak jarang mereka meminjam uang kepada pemilik modal (Koperasi) untuk dijadikan modal usahanya seperti membangun Kedai dan Pondok Lesehan serta membeli kursi set dan membeli bahan dagangannya serta lainnya.

    Tentunya mereka menaruh harapan dan bergantung kehidupan untuk mengais rezeki di Wisata ini, untuk menghidupi anak-anaknya, dengan masing-masing anaknya bersekolah, agar kelak anaknya menjadi orang yang Sukses dikemudian hari.

    Dengan adanya Wisata Pantai ini jika terus didatangi masyarakat untuk berkunjung dan para pengunjung berbelanja di kedai Pantai Panorama, maka sudah dipastikan warga yang kurang mampu dan para janda-janda ini akan mendapat rezeki.

    Namun disebalik itu ada pula penderitaan dan keluhan yang dirasakan para Pedagang di Pantai ini, yang mana para pengunjung yang datang tak jarang mereka berwisata ke Pantai ini dengan membawa makanan, dengan dalil menghindari yang katanya harga bahan-bahan makanan dan minuman di Pantai Panorama mahal-mahal. Sehingga para pengunjung selalu membawa makanan dan minuman dari rumahnya dan dari kedai luar untuk dibawa ke Pantai ini.

    Dan tak jarang pula, para pengunjung yang datang dan duduk bersantai baik di Pondok Lesehan serta kursi set milik para pedagang di Pantai ini tanpa berbelanja sama sekali dan bahkan meninggalkan sampah sisa-sisa kemasan makanan dan minuman milik pengunjung. Sehingga pemilik pondok lesehan dan kursi set hanya mendapatkan beban membersihkan sampah.

    Yaaaa itulah resiko dan nasib sedih yang selalu di alami para pedagang di pantai ini tanpa sepengetahuan pengunjung.

    Alhasil, para pedagang hanya memendam rasa sedih yang mendalam. Sebab ia memiliki harapan ketika pengunjung datang dan duduk dilokasi yang ia punya, ia bakal mendapatkan rezeki pengunjung tersebut dengan harapan sang pengunjung berbelanja di kedainya.

    Padahal harga-harga bahan-bahan makanan yang dijual oleh para pedagang di Pantai ini sebagai berikut.

    Mie Rebus & Mie Goreng Rp.10.000/Porsi.

    Bakso & Mieso Ayam Rp.12.000/Porsi.

    Kelapa Muda Ukuran Besar Rp.15.000/Buah.

    Kelapa Muda Ukuran Kecil Rp.25.000/2 Buah.

    Kopi Hitam Rp.5.000/Gelas.

    Teh Panas & Teh Manis Dingin Rp.5.000/Gelas.

    Sate Padang Kuah Tepung & Kacang Rp.10.000 hingga 15.000/Porsi

    Es Cendol Rp.7.000/Gelas.

    Pop Ice Beragam Rasa Rp.5.000/Porsi.

    Air Mineral Botol Kecil Rp.5.000/Botol.

    Air Mineral Botol Besar Rp.8.000.


    Kemudian, berikut aturan yang berlaku di Pantai Panorama untuk diketahui para pengunjung agar para pengunjung tidak terjadi kesalahpahaman terhadap para pedagang.

    Ketika pengunjung datang ke Pantai Panorama dan menduduki pondok lesehan serta kursi set yang mengarah ke laut, hendaknya para pengunjung berbelanja di lurusan tempat ia duduk tersebut, tidak diperbolehkan berbelanja dilain kedai dan membawa makanan dan minumannya ditempat ia duduk tersebut. "ITULAH ATURAN YANG BERLAKU". di Pantai tersebut.

    Sebab, pondok lesehan dan kursi set tersebut merupakan milik pedagang sejajar lurusan kedainya tersebut.

    Misalkan, pengunjung duduk di pondok lesehan dan kursi set milik Kedai Akak Mai, maka secara aturan Pengurus Pantai Panorama, pengunjung berbelanja di kedai Akak Mai, secara aturan Pengurus Pantai Panorama tidak diperbolehkan berbelanja di kedai yang lain di Pantai tersebut. Begitulah referensinya.

    Berikut kelebihan PANTAI PANORAMA:

    - Memiliki areal pantai cukup luas.
    - Memiliki lokasi parkir kendaraan yang teduh.
    - Memiliki mushalla & tempar air wudhu.
    - Tidak jauh dari jalan lintas Dumai-Pelintung.
    - Jalannya cukup bagus menuju lokasi pantai.
    - Adanya berbagai Spote Selfie.
    - Adanya berbagai permainan anak-anak.
    - Adanya tanaman berbagai jenis bunga.
    - Adanya tempat santai terlindung pohon bambu.
    - Adanya ayunan.
    - Adanya Outbond.
    - Adanya pondok lesehan terbuat dari kayu.
    - Adanya pondok lesehan semi permanen.
    - Adanya gubuk kembar.
    - Adanya kursi plastik santai.
    - Adanya kursi santai terbuat dari kayu.
    - Adanya Karaoke.































    "Ayo bersantai menikmati suasana pemandangan laut di PANTAI PANORAMA. Dan jangan lupa, berbelanjalah kepada para pedagang di Pantai Panorama."

    Post Bottom Ad