• Breaking News

    Wagubri Gagas Sejarah Marga Nasution dan Etnis Mandailing di Rohul


    ROHUL- Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Afrizal Natar Nasution SIP,
    berada Rokan Hulu mengikuti seminar yang digagasnya sendiri bertajuk: "Menelusuri sejarah marga Nasution dan etnis Mandailing di kabupaten Rokan Hulu", yang digelar di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center, Pasir Pangaraian.Kabupaten Rokan Hulu Rabu (8/1/2019)

    Di dalam pelaksanaan kegiatan tersebut turut dihadiri, sebagai Narasumber utama Brigjen TNI (Purn) H Edy Afrizal Natar Nasution, S IP Wakil Gubernur Riau, Bupati Rohul H Sukiman beserta Sutan Mahmud, Sutan Laut Api dan Budayawan Junaidy Syam.

    Para Tokoh Adat dan Budaya,serta Tokoh Agama berMarga Nasution dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Riau,Pengurus Persatuan Marga Nasution Riau, Moderator, Para Panelis, serta Anak - Kemenakan Marga Nasution.


    Turut hadir unsur Forkopimda Rohul,dan Sejumlah Pengurus Ormas/LSM Rohul.Tampak Ratusan Orang peserta /undangan memenuhi Kursi yang telah disediakan Panitia.

    Terlihat awak media ini, dari para peserta memadati lokasi seminar, baik dari pihak Marga Nasution, Mahasiswa beserta undangan lainnya yang telah di undang sebelumnya oleh panitia seminar.

    Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Afrizal Natar Nasution SIP,
    Di dalam materi yang
    disampaikan nya," beliau berharap supaya ditingkatkan persatuan dan kesatuan baik itu sesama warga Rokan Hulu dan terkhusus marga Nasution.

    Dalam sambutannya sekaligus pembacaan sejarah Marga Nasution,Wagubri mengatakan bahwa," ada Empat (4) Versi sejarah Marga Nasution, namun diantara ke- 4 Versi tersebut, Tiga (3) Versi dijelaskan /dibacakan secara singkat,sementara untuk Versi ke-4 dijelaskan/dibacakannya secara mendetail di hadapan seluruh Undangan yang hadir.

    "Ada 4 Versi Sejarah keturunan Marga Nasution yang Populer dan berkembang ditengah masyarakat, yaitu : 1.Versi Tapanuli Utara,dimana Marga Siahaan mengaku bahwa Marga Nasution Merupakan keturunan Leluhur Mereka yang bernama SIBAROAR ,yang kemudian merantau ke daerah Tapanuli Selatan. 2.Versi Minangkabau ; Sibaroar itu Konon berasal dari Kerajaan Minangkabau,Keturunan Bunda Kandung.

    3.Versi Tapanuli Selatan,menurut Marga Nasution yang berada di Tapanuli Selatan,Mereka berasal dari Keturunan Raja Pulungan.

    Pada masa itu Seorang Raja tidak boleh Memiliki Istri lebih dari Satu (1),Permaisuri Raja hanya ada Satu.Kalau Raja kawin lagi maka hanya dijadikan Selir saja.Dalam waktu yang bersamaan Permaisuri dan Selir Raja Pulungan hamil,Anak dari Permaisuri pun lahir dan tak lama kemudian menyusuf lahir lah anak dari Selirnya,Kedua- dua nya berjenis Kelamin Laki-laki, Kedua anak ini sangat mirip dan sama-sama lincah.

    Anak dari Selir inilah yang bernama SIBAROAR,dan masih panjang ceritanya,Tapi Kami Marga Nasution yang berada di Rohul tidak mempercayai Versi ini,Karena tidak cukup bukti secara otentik,meskipun Versi ini banyak diyakini oleh saudara kita Nasution yang berada di Tapanuli Selatan .

    Terakhir,Versi Rambah Rokan Hulu ; Versi ini adalah Versi yang diyakini oleh Kami Marga Nasution yang berada di Rambah dan Kaiti, Rohul,Sebagai Versi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan Karena selain memiliki alur Kisah (Sejarah) yang runtut dari awal hingga akhir peristiwa, juga didukung dengan bukti -bukti otentik, Seperti adanya Makam dari masing-masingTokoh yang dikisahkan,diantaranya: tiga makam Raja Godang ;

    1.makam Suri Andung Jati atau Sutan perempuan yang merupakan ibu kandung dari Sibaroar,makam tersebut berada di KAITI.Sebenarnya makam tersebut adalah Bekasi Telapak kaki dari Sutan Perempuan ketika untuk terakhir kalinya beliau berdiri ditempat itu untuk menyampaikan petuah kepada semua anak dan Cucunya sebelum beliau Menghilang karena Kesaktiannya.

    2.makam anak ke-6 dari Sibaroar yang bergelar Sutan Solut,berada di Batang Samo berdekatan dengan makam istrinya. 3.Makam anak ke - 7 dari Sibaroar bernama Raja Gompar,yang berada di Huta Rimboru dan ini merupakan garis keturunan langsung dari Opung (Kakek),dan Ayah Kami.Saya Generasi ke – 13, " kata Edy Natar saat membacakan sejarah tersebut.

    Edy Natar menjelaskan lagi bahwa,"  menurut Versi Rambah Rokan Hulu, Sibaroar adalah anak yang terkenal dengan kesaktiannya, buah perkawinan antara Sutan Iskandar Muda Pitala Guru (gelar sutan penyalinan) dengan Suri Andung Jati (gelar Sutan perempuan)," Jelasnya.

    "Sutan Iskandar Muda adalah Keturunan dari Sutan Mahmud Syah kerajaan Irak,dan Sutan Mahmud Syah adalah keturunan dari Sutan Harunnurrasyid Kerajaan Baghdad,Irak,Jazirah Arab. Sementara ibunya yang bernama Suri Andung Jati gelar Sutan perempuan adalah keturunan dari Sutan Sinomba Sinoru,yang berasal dari Kerajaan Kayangan Lumban Julu - Sumut, Indonesia," Papar Edy Natar.

    Lanjutnya," Pertemuan antara Ayah dan Ibu Sibaroar ini terjadi di Tapian Nauli, Dolok Martimbang,Danau Toba.Singkat Ceritanya,Edy Natar Nasution sangat bangga menyandang Marga Nasution dimana Datuk atau leluhurnya telah hidup dan bermukim di Rambah Rokan Hulu Sejak tahun 1450 M," Ungkapnya.

    Kisah Raibnya Buku Laklak (Sejarah Marga Nasution): Pada tahun 1942 - 1945 ,Jepang membuat kebijakan agar semua buku-buku yang berbau Agama harus dibakar atau dimusnahkan.

    Kalau ketahuan masih ada yang menyimpan akan dihukum seberat-beratnya.Akhirnya,Buku buku Tarombo (silsilah)itupun ikut terbakar dan kini,meski beda versi.

    Saya mengajak kita semua menyatukan perbedaan. Kita rajut persaudaraan di dalam keluarga besar NASUTION. Mari kita sama-sama menjaga nama baik dan nama besar Marga Nasution,
    Ungkapnya mengakhiri kisah tersebut.



    Reporter: Liber sht.
    Editor: Toni Octora.



    Kami Jajaran Redaksi Media erapublik.com Menghimbau Kepada Instansi Pemerintah Eksekutif, Yudikatif dan Legislatif, Perusahaan BUMN, BUMD blBahwa Yang Di Akui Oleh Redaksi Adalah Wartawan Yang Tercantum Dalam Box Redaksi Media erapublik.com. Apabila Yang Mengaku Wartawan Media erapublik.com. Harap Di Minta KTA Sesuai Masa Berlaku: Ttd-Pimpinan Umum Mhd. Budianto.

    Post Bottom Ad