• Breaking News

    Khalifa Sufarjan (108): Kita Dukung Pembangunan PKS PT. KAS Demi Majunya Desa Mahato


    ROHUL- Sejulah lebih kurang 500 orang warga masyarakat Desa Mahato Km. 24 meberikan pernyataan kepada beberapa orang wartawan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu saat sedang melintas di depan
    (Warjeng) Warung Jengkol RT 01 Desa Mahato Km 24 Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (4/02).

    Masyarakat Desa Mahato berharap agar pembangunan Pabrik PT Kencana Agro Sejahtera (KAS) dapat cepat terbangun tanpa ada hambatan demi terbukanya lapangan kerja untuk memenuhi taraf hidup masing masing warga Desa Mahato Km 24 dikemudian hari.


    Menurut informasi dari beberapa orang masyarakat Desa Mahato Km 24 yang dihimpun oleh awak media ini, pembangunan PKS PT KAS seharusnya sudah berdiri dan terbangun lebih kurang dua tahun yang lalu akan tetapi karena ada pihak pihak tertentu.

    Dari sebagian kecil masyarakat Desa Mahato yang menghalangi dengan membuat pernyataan yang tidak masuk akal dan sehingga pembangunan PKS PT KAS tertunda sampai hari ini.


    Saat di minta keterangan dari salah satu  masyarakat yang berdampak langsung dilingkungan depan lokasi PKS PT KAS yang mau dibangun terkait apa sebab tertundanya pembangunan PKS PT KAS,Sutikno mengatakan,"saya sendiri.

    " Rumah saya berdekatan dengan lokasi PKS PT KAS malah sangat senang dengan adanya infestor yang mau membangun PKS di wilayah Km 24 ini, karena akan meningkatkan perekonomian kami dan itu semua masalah keberisikan maupun dampak lingkungan, kami serahkan kepada dinas terkait untuk menilainy," Jelas Sutikno.


    Ditambahkan Sutikno," kami sebagian besar masyarakat di wilayah Km 24 berharap agar Dinas terkait Pemkab Rohul untuk mempertimbangkan pendapat kami dan jangan hanya mendengarkan sebelah pihak, mungkin kalaupun ada pihak pihak dari masyarakat yang keberatan itu hanya sebagian kecil," ungkapnya.

    Ditempat yang sama salah satu  Kepala Dusun Tugino (Kadus) yang ada di Desa Mahato wilayah Km 24 mengatakan," iyah kalau memang pro dan kontra itu jelas ada dan pada umum nya masyarakat yang ada di Desa Mahato ini mereka setuju dan kalaupun ada yang keberatan itu sebagian kecil saja, tetapi ya sebagai orang tua disi kita harus memandang kedepan dan memikirkan kesejahteraan, perekonomian untuk anak kita nantinya," ungkap Kadus.

    Kadus Desa Mahato menambahkan,"
    Para anak anak kita di Desa ini kan banyak yang menganggur, jadi dengan adanya PKS PT KAS di tempat ini mudah mudahan anak anak kita bisa terangkat untuk bekerja di PKS tersebut.jadi secara berangsur angka pengangguran berkurang dan ekonomi rakyat itu pasti akan bertambah," katanya Tugino.

    Masih ditempat yang sama Khalifa Sufarjan yang kelahiran 1912 dan diperhitungkan sudah berumur 108 tahun salah satu yang dituakan di mahato Km 24 yang masih Tokoh Agama.

    Menurut informasi masyarakat, Khalifa Sufarjan masih ayah angkat Bupati Rohul H Sukiman beserta sebagian besar masyarakat Desa Mahato Km 24 berharap dan mengataka," permasalahan ini sudah lama saya dengarkan dan bukan karena saya berpik sana dan kesini saya berada di tengah dan saya menyimpulkan yang paling perlu adalah lapangan kerja, syukur alhamdulillah masih ada yang mau membuka lapangan kerja di desa mahato ini," ungkapnya.

    Khalifa Sufarjan menambahkan," walaupun saya sudah tua saya masih juga terpikir supaya bagaimana nanti anak anak yang masih muda tetap bisa menyambung hidup dengan adanya lapangan kerja dan bisa ikut bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.perlu di garis bawahi saya juga dahulu waktu muda adalah type pekerja," Paparnya.

    Sementara Khalifa farjan berumur 108 tahun salah satu yang dituakan di mahato Km 24 yang masih Tokoh Agama dan menurut informasi masyarakat Khalifa Farjan masih ayah angkat H Sukiman beserta masyarakat Desa mahato Km 24 berharap dan mengatakan," Kami masyarakat desa mahato sangat merindukan kahadiran pemimpin daerah dan Para dinas terkait untuk diperhatikan kami masyarakat Desa Mahoto Km 24.

    Utamanya DPRD Kabupaten Rokan Hulu,"Para bapak-bapak kami, yang berkedudukan di dinas Pemkab Rohul yang ada di exsekutif dan yudikatif,kami kan masih masyarakat Kabupaten Rokan Hulu jadi Datang lah Ke desa kami Perhatikan kami masyarakatmu ini," ungkap mereka.

    Terkait pembangunan PKS PT KAS
    yang sudah dua tahun masih tertunda, dan sudah lama dinantikan oleh masyarakat Desa Mahato.

    Saat awak media ini menyambangi Beni Humas PKS PT KAS yang mau di bangun, ditempat kerjanya Beni mengatakan," saya berharap kalaupun ada masyarakat yang keberatan aku yakin itu hanya sebagian kecil dari warga desa Mahato dan inilah buktinya ribuan masyarakat yang menandatangani supaya PKS PT KAS dibangun.

    Kalau masalah limbah atau kebisingan pabrik nanti yang ditakutkan akan mengganggu proses aktifitas masyarakat kan ada pihak dinas yang menilai kita nantinya".

    Beni Humas PKS PT KAS menambahkan," kemungkinan pembangunan nya akan terealisasi di tahun ini kita pihak dari PKS PT KAS sudah mendapat beberapa ijin tinggal menunggu Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

    Dan untuk ijin yang sudah kita dapatkan seperti ijin rekomendasi dari desa no 470/129/pem-mbs/111/19, dari Camat no 650/pelum-tu/09, ijin aspek pertimbangan teknis dari BPN no 32/2018 tanggal 2 nopember2018, dan Rekomendasi TKPRD no 050/TKPRD/01 tanggal 14 Januari 2020.


    Penulis : Liber sht.
    Editor: Toni Octora.



    Kami Jajaran Redaksi Media erapublik.com Menghimbau Kepada Instansi Pemerintah Eksekutif, Yudikatif dan Legislatif, Perusahaan BUMN, BUMD Bahwa Yang Di Akui Oleh Redaksi Adalah Wartawan Yang Tercantum Dalam Box Redaksi Media erapublik.com. Apabila Yang Mengaku Wartawan Media erapublik.com. Harap Di Minta KTA Sesuai Masa Berlaku: Ttd-Pimpinan Umum Mhd. Budianto.

    Post Bottom Ad