Ticker

6/recent/ticker-posts

Tim Ditjen Gakkum KLHK Turun ke Rohil Menginspeksi Lahan Warga Diduga Terkena Limbah CPI


ROHIL-Tim Ditjen Gakkum KLHK dipimpin Osten Sianipar turun ke Riau melakukan inspeksi ke lahan warga yang diduga terkena limbah CPI di tiga kabupaten: Siak, Bengkalis dan Rohil. Kamis 19 Februari 2020 Pukul 

Sebanyak 13 orang Tim Dirjen Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan yang di pimpin langsung oleh Osten Sianipar, SH, M.Si, beserta Tim Ahli Valuasi Ekonomi Lingkungan Hidup dan Ahli Pencemaran atau kerusakan Lingkungan Hidup yaitu Dr Ir Dwi Putro Tejo Baskoro, M.Sc.


Dr. Qomarudin Helmy, M.T,  Prof Dr Ir Etty Riani MSc,  serta dari laboratorium LEMIGAS dan DLHK Provinsi Riau di wakili Seksi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan Hidup Dwiyana, serta dinas LH kabupaten Siak, Bengkalis, dan Rokan Hilir, turun ke Riau,

Adapun maksud kedatangan Tim Ditjen Gakkum adalah dalam rangka verifikasi sengketa Lingkungan Hidup dugaan pencemaran akibat dampak dari pengeboran minyak mentah dari beroperasinya PT Chevron Pacific Indonesia yang mengakibatkan masyarakat dirugikan hak-haknya.

Kegiatan Tim Ditjen Gakkum Kementerian LHK  melakukan pertemuan langsung dengan masyarakat, verifikasi di lapangan, pengambilan sampel  di tiga Kabupaten (Kabupaten Siak, Bengkalis,  Rokan Hilir) dan di uji kelaboratorium yang dilaksanakan dari tanggal 13 sampai dengan 22 Februari 2020.

Dari Fakta yang ada saat verifikasi di lapangan dan hasil uji laboratorium akan dianalisa oleh para ahli sesuai keahliannya, selanjutnya hasil analisis para ahli dan fakta lapangan digunakan untuk menentukan langkah-langkah adminitrasi dan atau hukum serta bentuk penyelesaian sengketa lingkungan hidup yang akan difasilitasi oleh KLHK (Direktorat Penyelesaian sengketa LH).

Kepala Seksi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan Hidup Dinas KLHK Riau, Dwiyana dan juga masyarakat mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Penegakkan Hukum KLHK yang sangat peduli dengan keluhan masyarakat yang merasa hak-haknya dirugikan," Jelas Dwiyana.

" Kami meyakini bahwa penyelesaian sengketa lingkungan hidup yang difasilitasi oleh Ditjen Gakkum KLHK memperoleh kesepakatan yang adil bagi kedua belah pihak, "ujar Dwiyana, seperti dilansir dari laman Portal Riau. com.

Terpisah, salah seorang warga yang lahannya terimbas limbah, Armi juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas response cepat Gakkum KLHK dan Dinas KLHK Provinsi Riau yang turun ke lapangan meninspeksi lahannya di daerah Manggala Kec. Tanah Putih Kab. Rohil.

Armi berharap masalah ini dapat segera dituntaskan untuk menjawab kegelisahan warga yang lahannya terimbas limbah tersebut. " semoga penantian panjang ini berbuah manis. " Terima kasih Gakkum KLHK serta rombongan yang sudah datang ke Riau, kami sudah merasa tenang, tinggal menunggu hasil kesimpulan saja dan pada akhirnya pihak CPI dapat menuntaskan penyelesaian sengketa ini, " pungkas Armi.



Sumber: berazam.com.
Editor: Toni Octora.