• Breaking News

    Wujudkan Rantau Utara Posyandu Rujukan, Turing Targetkan Warganya Sehat


    LABUHANBATU - Serius menjadikan wilayahnya sebagai Posyandu dan Kampung KB rujukan di Kabupaten Labuhanbatu, Camat Rantau Utara, Turing Ritonga dan Ketua Penggerak PKK Kecamatan Rantau Utara, Linda Mursiah gencar blusukan ke seluruh kelurahan. Setelah sebelumnya di Kelurahan Rantau Prapat, kali ini Turing kembali menyambangi Posyandu Lansia dan Anak Mandiri Melati di Kelurahan Aik Paing, Kamis (6/2/2020). 

    "Tiap bulan pada tanggal 6 menjadi hari Posyandu di Kecamatan Rantau Utara. Alhamdulillah warga antusias membawa balita dan para lansia datang ke Posyandu untuk cek kesehatan. Sebab target kita Rantau Utara menjadi Posyandu dan Kampung KB rujukan di Kabupaten Labuhanbatu," tegas Turing Ritonga kepada media ini di sela kegiatan. 


    Dipaparkan Turing, pihaknya tak hanya fokus pada kesehatan balita saja. Namun, kesehatan para lansia juga menjadi prioritas utama. "Sebab, para lansia rentan terganggu kesehatannya. Untuk itulah kita terus pantau kesehatan mereka melalui Posyandu Lansia," papar Turing. 

    Dengan memantau kesehatan para lansia, lanjut Camat Rantau Utara ini, masyarakat akan menjaga dan meningkatkan derajat kesehatannya. "Peserta posyandu lansia termasuk kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun), kelompok usia lanjut (60 tahun ke atas), dan kelompok usia lanjut dengan risiko tinggi (70 tahun ke atas). Sebab, pada usia itu, kita kerab menghadapi masalah kesehatan," urai Turing Ritonga. 

    Karena, sambung Turing, tujuan khusus
    Posyandu Lansia adalah, meningkatkan kesadaran para usia lanjut untuk membina sendiri kesehatannya, baik kesehatan fisik dan psikologis. "Peran serta keluarga dan masyarakat dalam mengatasi kesehatan usia lanjut juga sangat dibutuhkan. Dengan begitu, manfaat Posyandu Lansia dapat mempertahankan kesehatan fisik para lansia agar selalu bugar," sebutnya. 



    Penulis: Najib Gunawan.
    Editor: Toni Octora.

    Post Bottom Ad