• Breaking News

    Cegah C-19, Rahmat Pantun Buat Hand Sanitizer Dari Herbal


    ROHIL- Mulai langkanya hand sanitizer atau pembersih cair di pasaran membuat Rahmat Pantun pemuda Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Ketua Karang Taruna Kec. Tanah putih Tanjung Melawan berinisiatif membuat hand sanitizer atau cairan antiseptik sendiri dengan bahan dasar alami. Selasa 31 Maret 2020.

    Hand sanitizer yang dibuat oleh Rahmat Pantun Bersama istri tercinta yang  herbal, yakni dengan daun sirih, lidah buaya, daun kemangi dan buah mengkudu. 

    Rahmat Pantun menjelaskan, pembuatan cairan antiseptik ini berawal dari langka dan mahalnya hand sanitizer di pasaran akibat merebaknya virus corona atau covid 19, kami mendapatkan resep cairan antiseptik ini dari Vidio Yutube Di internet," jelasnya.

    Lanjut Rahmat,"bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan hand sanitizer herbal ini sangat mudah dan murah untuk diproduksi. Untuk satu resep pembuatan hand sanitizer, hanya membutuhkan setidaknya 7 lembar daun sirih, 11 lembar daun kemangi, 3 batang lidah buaya berukuran sedang, serta 1 Ons buah mengkudu dan 100ml air steril," Papar Rahmat.

    Sementara itu, pembuatannya juga sangat mudah. Yaitu, buah mengkudu yang sudah dicuci, kemudian dipotong dan dihaluskan dengan blender. Buah mengkudu yang sudah halus dicampur dengan daun kemangi dan daun sirih. Selanjutnya, direbus selama 10 menit.

    Lalu, lidah buaya yang sudah halus dicampur dengan air rebusan mengkudu, sirih dan kemangi ketika sudah dingin. Safitri istri Rahmat juga menegaskan lidah buaya tidak perlu direbus cukup dihaluskan menggunakan blender. 

    "Satu resep itu biasanya bisa jadi sekitar 1,5 liter hand sanitizer herbal. Setelah itu cairan antiseptik ini dapat dikemas dan digunakan secara langsung," terangnya.

    Han d Snitizer nya siap langsu ng di bagi kan ke tetangga dan kerabat sebagai percobaan.


    Sumber: Rahmat Pantun.
    Editor: Toni Octora.


    Post Bottom Ad