• Breaking News

    Artikel: Tingkatkan Kebugaran Jasmani Sesuai Unsur-unsur Kebugaran Jasmani


    Oleh:Dasril Amri, S.Pd

    Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan. Setiap orang membutuhkan kebugaran jasmani yang baik agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan efektif dan efisien tanpa mengalami kelelahan. Derajat kebugaran jasmani seseorang sangat menentukan kemampuan fisiknya dalam melaksanakan tugas-tugasnya sehari-hari. Makin tinggi derajat kebugaran jasmani seseorang maka makin tinggi pula kemampuan kerja fisiknya juga bisa dijadikan indikator kesehatan seseorang maka dari itu perlu setiap orang menjaga dan meningkatkan kebugaran jasmani agar bisa terjaga kesehatan tubuh dan dapat  melakukan pekerjaan sehari-hari yang berhubungan dengan aktifitas fisik dengan maksimal, efektif dan efesien.

    Agar latihan kebugaran jasmani mendapatkan hasil yang lebih maksimal, efektif dan efesien, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni, waktu latihan, komposisi latihan, intensistas latihan dan asupan makanan. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka hasil dari latihan kebugaran jasmani akan lebih meningkat dan maksimal. Jika hal tersebut kurang diperhatikan maka dikhawatirkan bukan mendapatkan manfaat yang baik dari latihan kebugaran jasmani tersebut, tapi malah sebaliknya.

    Untuk meningkatkan kebugaran jasmani juga seseorang haruslah mengetahui unsur-unsur kebugaran jasmani, agar nantinya mendapatkan manfaat yang lebih maksimal sesuai dengan yang diharapkan dan terhindar dari resiko cedera. Karena untuk meningkatkan kebugaran jasmani tentunya berhubungan dengan aktivitas fisik yang akan dilakukan. Bukan malah mendapatkan manfaat nya karena ketidakfahaman seseorang dengan jenis latihan dan unsur kebugaran jasmani yang dilakukan tetapi malah sebaliknya mendapatkan efek buruknya dari latihan yang dilakukan. Aktifitas fisik yang mempunyai aturan pelaksanaan dan manfaat yang lebih teratur adalah jenis olahraga. olahraga efektif untuk membakar kalori dan menurunkan risiko terjadinya sejumlah penyakit. Manfaat latihan kebugaran jasmani bisa didapatkan dengan melakukan berbagai macam latihan dari cabang olahraga.

    Unsur-unsur kebugaran jasmani yang dimaksud yakni: kekuatan, keseimbangan, kelincahan, kelenturan, ketepatan, daya ledak, daya tahan, kecepatan, koordinasi. Dari unsur tersebut lah yang membentuk kebugaran jasmani. Jika seseorang ingin mengetahui secara pasti tingkat kebugaran jasmaninya maka bisa dilakukan Tes Kebugaran jasmani dari unsur-unsur tersebut, selanjutnya diukur, dan hasil pengukuran nya dibandingkan dengan standar atau norma pengukuran yang sudah ditetapkan sesuai dengan jenis kelamin dan umur seseorang, maka didapatlah hasil dari masing-masing unsur kebugarann jasmani yang dilakukan dan bisa diketahui juga unsur yang mana yang perlu ditingkatkan lebih maksimal lagi. Meskipun demikiann Tes dan pengukuran tersebut bukanlah sesuatu yang diharuskan bagi orang umum sebelum melakukan latihan tetapi tes tersebut memberikan informasi dari diri seseorang tentang derajat kebugaran jasmaninya dari unsur-unsur kebugaran jasmani. Sehingga latihan meningkatkan kebugaran jasmani yang dilakukan lebih terarah pada jenis unsur yang mau ditingkatkan. Tetapi bagi seorang atlit tes tersebut sangat penting dilakukan secara berkala agar bisa terlihat apakah ada peningkatan, tetap atau malah penurunan tingkat kebugaran jasmani dari program latihan yang diberikan oleh seorang pelatih.

    Tentu kita menginginkan manfaat yang lebih maksimal dari latihan yang dilakukan bukan malah mendapatkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh, maka dengan demikian seharusnya kita mengetahui aturan dalam melaksanakan latihan tersebut dan teknik pelaksanaan yang benar, seperti yang disebutkan diatas jenis latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani berkaitan dengan jenis olahraga tertentu 

    Adapun jenis latihan kebugaran jasmani sesuai dengan unsur-unsurnya bagi orang umum adalah sebagai berikut:

    Kecepatan
    Unsur-unsur kebugaran jasmani yang pertama adalah kecepatan atau dalam bahasa Inggris disebut speed. Kecepatan ini memiliki arti sebagai suatu kemampuan yang mampu melakukan suatu gerakan dalam kurun waktu yang singkat. Sedangkan secara umun kecepatan adalah waktu yang diperlukan oleh seseorang dalam melakukan suatu gerakan yang berkesinambungan dan berbeda. Intinya adalah jika seseorang membutuhkan waktu yang sedikit maka semakin bagus kecepatan yang dimilikinya. Kecepatan menjadi sebuah kemampuan yang sangat diperlukan dalam beberapa cabang olahraga seperti sepak bola, lari atau perlombaan yang lain.

    Dalam hal ini, kecepatan ternyata memiliki beberapa macam jenis yaitu ada kecepatan reaksi, kecepatan sprint dan kecepatan bergerak. Kecepatan yang dimiliki seseorang ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah keturunan, teknik, elastisitas otot, kemampuan menahan tahanan luar, waktu reaksi, dan yang terakhir kemauan dan konsentrasi.Untuk melatih kecepatan yang dimiliki, kita bisa mencoba beberapa latihan dasar seperti lari jarak dekat sekitar 40 sampai 60 meter, kemudian lari naik turun tangga atau bukit. Sehingga dengan melakukan latihan tersebut akan membuat kecepatan yang kita miliki bertambah.

    Kekuatan
    Kekuatan atau dalam bahasa inggris disebut strength ini merupakan salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani. Jadi jika kita memiliki kebugaran jasmani yang baik maka kita juga memiliki kekuatan yang baik pula. Kekuatan sendiri memiliki pengertian sebagai suatu kondisi dimana penggunaan otot untuk memaksimalkan tenaga saat melakukan suatu kegiatan fisik. Untuk mendapatkan kekuatan yang bagus memang perlu adanya latihan yang rutin. Latihan-latihan yang bisa dilakukan untuk melatih kekuatan pada tubuh yaitu ada beberapa cara.

    Push up merupakan gerakan yang dilakukan untuk melatih kekuatan pada otot bagian lengan.
    Sit up merupakan gerakan yang dilakukan untuk melatih kekuatan pada otot perut.
    Back up merupakan gerakan yang dilakukan untuk melatih kekuatan pada bagian perut.

    Angkat beban merupakan kegiatan yang dapat melatih kekuatan otot pada bagian lengan.
    Squad jump adalah latihan yang dilakukan untuk melatih kekuatan tungkai dan juga otot perut.

    Kelenturan
    Kelenturan atau yang dalam bahasa inggris disebut flexsibility merupakan suatu keadaan dimana adanya keleluasaan pada otot-otot tubuh terutama pada bagian persendian. Kelenturan ini menjadi salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani dan juga menjadi salah satu hal yang diperlukan dalam setiap perlombaan cabang olahraga permainan maupun lainnya.

    Namun tentunya kelenturan yang digunakan dalam setiap cabang olahraga memiliki perbedaan dalam kadar pemakaiannya. Untuk melatih kelenturan tubuh kita dapat melakukan beberapa latihan seperti berenang, melakukan yoga dan yang terakhir dengan melakukan senam.

    Daya Tahan 
    Setiap orang tentunya memerlukan yang namanya daya tahan atau dalam bahasa inggrisnya endurance. Daya tahan ini merupakan sebuah keadaan dimana seseorang dapat menggerakkan semua bagian tubuh dalam tempo yang berbeda secara efisien dan efektif tanpa merasakan rasa lelah dan juga sakit yang berarti. Sehingga daya tahan ini sangat diperlukan terutama untuk para atlit.

    Jadi tidak salah jika daya tahan ini menjadi salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani. Untuk melatih daya tahan ada beberapa latihan yang bisa dilakukan dengan melakukan olahraga ringan seperti lari atau jogging yang bisa kita lakukan secara konsisten dengan waktu sekitar tiga puluh menit per hari.

    Kelincahan 
    Kelincahan atau agility merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk menyesuaikan gerakan dari posisi satu ke posisi yang lainnya seperti dari posisi kanan ke kiri, atau dari depan ke belakang dan sebagainya. Kelincahan ini sangat diperlukan dalam semua ke cabang olahraga terutama pada cabang olahraga sepak bola.

    Kelincahan ini juga menjadi salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani. Jadi apabila Anda memiliki kelincahan yang baik maka tandanya Anda juga memiliki kesehatan jasmani yang baik pula. Untuk melatih kelincahan kita maka diperlukan latihan-latihan yang bisa dilakukan secara rutin seperti lari zigzag dan lari turun tangga.

    Keseimbangan 
    Keseimbangan atau balance merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang dan juga merupakan unsur-unsur kebugaran jasmani. Karena dengan adanya keseimbangan maka kita dapat berjalan dengan baik. Dalam hal ini keseimbangan memiliki pengertian sebagai suatu kemampuan yang dapat mengendalikan gerakan tubuh agar bergerak dengan baik.

    Keseimbangan ini sangat diperlukan bagi atlet pada cabang olahraga lompat indah dan juga senam. Keseimbangan ini dapat dilatih asalkan kita dapat menerapkan beberapa latihan berikut seperti sikap lilin, berdiri di sebuah balok, dan juga berdiri dengan tangan. Lakukan latihan ini secara rutin maka kita dapat meningkatkan keseimbangan yang dimiliki.

    Reaksi 
    Satu lagi unsur-unsur kebugaran jasmani yaitu reaksi atau reaction. Reaksi ini merupakan sebuah kemampuan dimana tubuh dapat tanggap terhadap rangsangan, gerakan, atau stimulus yang berasal dari orang lain. Untuk melatih reaksi ini maka kita dapat menerapkan latihan seperti lempar tangkap bola. Latihan tersebut juga sangat cocok dilakukan oleh penjaga gawang.

    Ketepatan 
    Ketepatan atau accuracy sangat diperlukan di beberapa cabang olahraga seperti sepak bola, panah dan lain sebagainya. Karena ketepatan merupakan suatu kemampuan tubuh untuk menentukan gerakan agar dapat mencapai pada sasaran yang dituju. Dalam hal ini, ketepatan juga menjadi salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani.

    Agar ketepatan yang kita miliki dapat berkembang maka perlu melatihnya dengan beberapa latihan seperti melempar botol yang sudah disusun secara sejajar dan juga memasukkan bola kedalam keranjang. Lakukan latihan tersebut secara rutin maka ketepatan atau accuracy yang kita miliki dapat meningkat.

    Koordinasi 
    Koordinasi merupakan suatu kemampuan dimana kita dapat menyatukan beberapa gerakan yang berbeda menjadi satu gerakan yang efisien dan efektif. Dalam melakukan koordinasi ini Anda juga harus memiliki beberapa kemampuan lain seperti konsentrasi tinggi dan insting yang kuat.

    Koordinasi ini juga merupakan salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani sehingga apabila kita memiliki koordinasi yang bagus maka kebugarannya juga bagus. Koordinasi ini dapat dilatih dengan cara memantulkan bola ke dinding dan ditangkap kembali namun menggunakan tangan yang berbeda antara yang melempar dan menangkap.

    Daya Ledak 
    Power Salah satu yang masuk unsur-unsur kebugaran jasmani yang selanjutnya adalah daya ledak. Daya ledak ini merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu dengan kekuatan yang maksimal namun dalam waktu yang sangat singkat. Daya ledak ini bisa dilatih dengan menerapkan beberapa hal seperti vertikel jump, side jump dan front jump.

    Selain itu manfaat latihan kebugaran jasmani bisa diperoleh dengan berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Namun bagi orang umum jangan memaksakan diri untuk tetap berolahraga jika tubuh sedang lelah. Kondisi lelah bisa dirasakan setiap individu, jika sudah terasa tubuh sudah lelah, maka jangan dipaksakan untuk melakukan latihan kebugaran jasmani, apalagi jenis latihan berat, ini bukan mendapatkan manfaat baik bagi kesehatan malah akan memperburuk kondisi fisik tubuh seseorang jika dipaksakan untuk melakukan latihan kebugaran jasmani, karna tubuh juga mempunyai batas kemampuan untuk melakukan aktivitas fisik. Salah satu indikasi awal bahwa tubuh tidak siap melakukan aktivitas latihan kebugaran jasmani adalah apabila tubuh sudah terasa lelah. Melatih tubuh secara berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan dan tidak disarankan oleh dokter.

    Kesibukan dengan pekerjaan memang merupakan alasan yang sering diungkapkan oleh setiap individu sehingga tidak bisa melakukan latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Tentunya kebiasaan melakukan latihan meningkatkan kebugaran jasmani merupakan kesadaran pribadi terhadap kesehatan tubuh. Minimal kita bisa meningkatkan unsur daya tahan tubuh tanpa menggunakan alat atau sarana dan prasana yang mahal. Hanya menggunakankan pralatan dan sarana dan prasarana yang sederhana kita juga bisa meningkatkan kebugaran jasmani salah satunya unsur daya tahan atau kecepatan seperti dengan jogging atau lari dipagi hari sebelum berangkat kerja atau dengan latihan skiping dengan hanya memerlukan tali yang panjangnya 2 meter. Jika latihan ini dilakukan secara konsisten maka sudah pasti akan memberikan hasil yang maksimal bagi peningkatan kebugaran jasmani. Apalagi ditambah lagi dengan situasi disaat ini dimana sedang terjadinya wabah penyakit covid-19 yang disebabkan oleh virus corona yang mengharuskan setiap orang harus berada dirumah. Tentunya situasi ini harus kita gunakan dengan baik dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar sehingga terhindar dari virus penyakit. Maka tetaplah dan rajinlah melakukan aktivitas latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, minimal aktivitas sederhana yang bisa kita lakukan dirumah hanya menggunakan sarana dan prasarana yang sederhana. Seperti skiping, push-up, sit-up dan yang lainya.

    Untuk mendapatkan hasil latihan yang lebih maksimal tentu haruslah memperhatikan waktu latihan, komposisi latihan, intensistas latihan dan asupan makanan. Waktu yang tepat untuk berolahraga adalah waktu dimana kita adapat berolahraga secara rutin dan konsisten karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa pagi hari maupun sore hari baik untuk berolahraga asalkan kita dapat secara rutin dan konsisten melakukan olahraga tersebut. Selanjutnya asupan makanan tentunya memberikan pengaruh besar untuk mendapatkan hasil latihan yang maksimal. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang dengan beban latihan maka latihanpun akan menjadi lebih baik.Makanan empat sehat lima sempurna merupakan anjuran yang tepat untuk mendapatkan gizi yang baik bagi tubuh. Tidak lupa minum air putih yang banyak akan membantu tubuh bekerja lebih maksimal.

    Jika ingin mulai rutin berolahraga atau mungkin ingin mencoba jenis olahraga yang baru, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter atau pakar olahraga, terutama memiliki masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, atau radang sendi.

    BIODATA PENULIS

    Nama
    :
    DASRIL AMRI, S.Pd

    NIP
    :
    198712092011021001

    Pangkat/Golongan 
    :
    III/B

    Jabatan
    :
    GURU

    Mata Pelajaran yang Diampu
    :
    PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN

    Tempat & Tgl Lahir
    :
    BANTAN TUA, 9 DESEMBER 1987

    Jenis Kelamin
    :
    LAKI-LAKI

    Agama
    :
    ISLAM

    Nama Unit Kerja
    :
    SMA NEGERI 2 BENGKALIS

    Alamat Unit Kerja                  
    :
    JL. PRAMUKA, DESA AIR PUTIH,BENGKALIS

    Alamat Rumah
    :
    JL. LEBAIWAHID, BANTAN TUA

    Telepon Rumah & HP 
    :
    08117502949

    E-mail
    :
    dasril.amri@ymail.com


    Post Bottom Ad