• Breaking News

    Berstatus DTL, Setiap Warga Dumai Berstatus ODP Covid-19


    BENGKALIS - Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai bukan hanya merupakan 2 daerah di Provinsi Riau yang berbatasan langsung. 

    Tiga kecamatan di Bengkalis yang berbatasan langsung dengan Dumai adalah Rupat, Bathin Solapan, dan Bandar Laksamana.

    Lebih dari itu, masyarakat antara dua daerah yang dahulunya memang bersatu dengan nama Kabupaten Bengkalis ini, memiliki hubungan tali kekerabatan yang sangat erat.

    Jika ditelusuri, tidak sedikit warga Dumai yang berasal dari desa asal dari Bengkalis.

    Karena itu dan sudah menjadi tradisi, kompilasi menyambut bulan suci Ramadhan, mereka kerap saling bersilaturahmi, saling berkunjung. Atau, mudik untuk melakukan ziarah kubur ke kampung halamannya di Bengkalis.

    Pelaksana Harian Bupati Bengkalis H Bustami HY, Senin, (20/4/2020), mengimbau dan berharap untuk Ramadhan tahun 1441 H ini, tradisi yang baik ini untuk ditiadakan.

    Alasan H Bustami HY, karena Dumai saat ini sudah menjadi Daerah Transmisi Lokal (DTL) penyebaran Covid-19. Yakni, penularan Covid-19 sudah terjadi antara sesama warga Dumai. Bukan dari daerah atau wilayah lain yang terjangkit Covid-19. 

    Sesuai protokol kesehatan, tantangan yang datang dari Dumai ke wilayah lain langsung terkategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19.

    "Begitu juga yang pulang sambil menunggu dari Dumai. Juga jadi ODP. Harus dibuka sendiri di rumah atau karantina selama 14 hari," pesannya.

    Azam yang menyampaikan H Bustami HY, usai memimpin rapat bersama Kepala Perangkat Daerah dan unit kerja di Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

    Kepada masyarakat daerah ini, selain ke Pekanbaru yang memang telah ditetapkan sebagai zona merah Covid-19 dan menerapkan Pembatasan Sosial berskala Besar (PSBB), H Bustami HY juga meminta agar tidak bepergian ke Dumai.

    "Menyingkirkan urusan yang sangat-sangat penting sekali dengan mempertimbangkan sepulang dari Dumai tetap harus membuktikan karantina mandiri selama 14 hari karena berstatus Covid-19," terangnya.

    Di bagian lain, karena sudah jadi DTL, bagi masyarakat Bengkalis, bagian yang di jalan lintas yang menghubung Dumai dengan daerah lain, agar meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian.

    “Ikuti protokoler perawatan kesehatan Covid-19. Misalnya jaga jarak aman saat diakses. Jangan lakukan kontak dengan bebas atau kontak secara fisik dengan mereka ”tutur H Bustami HY.

    Menyikapi hal ini, media erapublik.com konfirmasi dr. Syaiful selaku Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai. 

    Syaiful membenarkan atas apa yang disampaikan oleh Plh Bupati Bengkalis tersebut. 

    "Benar, bahwa Kota Dumai saat ini Daerah Transmisi Lokal (DTL) penyebaran Covid-19, dan sudah dianggap Zona Merah," ujarnya via Telfon Seluler, Selasa (21/04/2020).

    Untuk itu, lanjut Syaiful, kita menghimbau kepada masyarakat Dumai untuk tidak bepergian keluar daerah.



    Sumber: Diskominfotik Bengkalis
    Editor: Budi

    Post Bottom Ad