• Breaking News

    Cara Manual, PUPR Dumai Bersihkan Drainase di Jln.Janur Kuning


    DUMAI - Drainase di Jalan Janur Kuning Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur yang sebelumnya luput dari kebersihan, kini dalam proses pembersihan.

    Drainase ini ternyata menjadi tanggung jawab Pemko Dumai melalui Bidang Sumber Daya Alam (SDA) PUPR Dumai.

    Sebelumnya persoalan Drainase ini telah diterbitkan media erapublik.com beberapa hari lalu dengan judul "Drainase di Penuhi Rumput, Tanggung Jawab Siapakah Ini...?".


    Sebab, Drainase yang merupakan akses saluran air permukiman masyarakat di area pinggir Jalan ini sepertinya akan tersumbat jika Drainase ini tidak dibersihkan. 

    Pantauan media erapublik.com, sebelumnya terlihat hampir disepanjang Jalan ini, Drainase tersebut dipenuhi dengan rerumputan.

    Padahal Drainase ini juga sepertinya untuk menampung curahan air hujan dari Jalan Lintas Putri Tujuh. Sebab posisi Drainase ini ditengah-tengah, antara Jalan Janur Kuning dan Jalan Putri Tujuh.

    Dari pantauan Media erapublik.com, tidak hanya Drainase ini saja dipenuhi rerumputan, namun terlihat juga sebagian pagar besi sebagai pembatas Objek Vital Pipa ini juga terlihat dihinggapi rerumputan.

    Hasil konfirmasi kepada Zulkarnain Plt PUPR Dumai melalui Reza Kabid Bina Marga, bahwa Drainase tersebut adalah tanggung jawab Pemko Dumai.

    Reza menyarankan media erapublik.com untuk menanyakan kepada Wan Riko selaku Kepala Bidang Sumber Daya Alam (SDA) PUPR, sebab masalah Drainase itu bidangnya SDA. 
    Wan Riko saat dikonfirmasi membenarkan bahwa Drainase di Jln. Janur Kuning tersebut adalah bagian dari Bidang SDA PUPR Dumai.

    Wan Riko menyampaikan, bahwa buruh-buruh khusus yang membersihkan Drainase kemaren semuanya dikerahkan untuk pembersihan Drainase di Jln.Tegalega.

    "Saat ini para buruh sudah saya kerahkan untuk membersihkan Drainase di Jln. Janur Kuning tersebut secara manual mulai dari simpang Bundaran," ucap Kabid SDA, Kamis (09/04/2020).

    Persoalan mengapa membersihkan Drainase tersebut secara manual, lanjut Wan Riko, bahwa jika menggunakan alat berat berukuran besar kondisi tanah labil.

    "Jika dipaksakan menggunakan alat berat ukuran besar untuk membersihkan rumputnya, yang dikhawatirkan turap drainase tersebut bisa roboh," ujarnya.
    "Jika menggunakan alat berat ukuran kecil, maka alat berat tidak sampai untuk membersihkan, sebab drainase tersebut cukup lebar. Dilema memang untuk mengatasi membersihkan rumput drainase di Jln. Janur kuning tersebut," imbuh Wan Riko. 

    Lanjut Wan Riko,"Ya terpaksa membersihkannya secara manual, ya mau gimana lagi...itu sudah menjadi tugas kami." tandas Kabid SDA PUPR Dumai Wan Riko. 




    Penulis: Budi

    Post Bottom Ad