• Breaking News

    Serda Awaluddin Laksanakan Sosialisasi Karlahut Di Desa Boncah Mahang

    Serda Awaluddin Laksanakan Sosialisasi Karlahut Di Desa Boncah Mahang

    Bathin Solapan - Kesigapan serta semangat para Prajurit TNI selaku Benteng Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam menjalankan tugas Negara dengan sigap dan penuh tanggung jawab memang patut mendapatkan Apresiasi yang tinggi dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

    Bagaimana tidak di tengah bahaya Pademik Covid-19 yang terjadi saat ini, Jajaran TNI harus memacu adrenalin serta semangat mereka tanpa mengenal rasa lelah dalam menjalankan tugas tambahan mereka di tengah Pandemik dengan melakukan berbagai giat sosialisasi serta menyampaikan himbauan protokol kesehatan ditengah Masyarakat tanpa sedikitpun meninggalkan / lupa akan tugas serta tanggung jawab mereka masing - masing .

    Seperti halnya Giat Sosialisasi  Karlahut yang saat ini tengah dilakukan oleh salah satu Anggota Koramil 04/Mandau Kodim 0303/Bengkalis , Serda Awaludin selaku Babinsa Desa Boncah Mahang Kecamatan Bhatin Solapan Kabupaten Bengkalis di wilayah Binaannya pada hari Rabu, 24 Juni 2020 sekira pukul 09.00 wib

    Dimana dalam giat tersebut Serda Awaludin memberikan himbauan terkait pemahaman bahaya Karhutla serta adanya Peraturan UU tentang larangan membakar Hutan dan Lahan Perkebunan yang Hukuman / Tuntutan Pidananya tidak main - main bagi setiap Masyarakat yang terlibat dan terbukti telah melakukan pembakaran Hutan maupun Lahan dengan alasan apapun.

    Aturan Larangan membakar Hutan ini jelas ditegaskan dalam beberapa peraturan UU dengan ancaman hukuman kurungan penjara maupun denda yang tak main - main , Seperti yang tertuang dalam isi UU No 41 Thn 1999 tentang Kehutanan , UU No 18 Tahun 2004 tentang Perkebunan serta UU No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan hidup.

    Kepada Awak Media Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay S.H, M.M melalui Danramil 04/Mandau Kapten Arh. H. Sitorus menyebutkan bahwa giat Sosialisasi Karlahut tersebut dilakukan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya dan larangan membakar Hutan.

    " Sosialisasi cegah Karlahut ini diberikan kepada masyarakat agar bersama sama saling menjaga untuk tidak membakar lahan maupun hutan dalam membuka areal lahan perkebunan. " Terang Serda Awaluddin. 

    Dalam Sosialisasi yang dilakukan dengan cara Dor To Dor / secara langsung dengan mendatangi beberapa Warga yang saat itu terlihat tengah berkumpul di halaman rumah mereka ,Serda Awaludin juga menyampaikan bahwa Pencegahan Karlahut ini merupakan tugas bersama bahkan seluruh elemen masyarakat disamping tugas pemadaman pada saat Karlahut terjadi ," Imbuhnya.

    Karena tindakan pencegahan itu lebih baik dibanding tindakan pemadaman, mengingat efek negatif yang diakibatkan oleh kejadian Karlahut sangat merugikan masyarakat luas ," Tutupnya.


    Penulis : Ali

    Post Bottom Ad