• Breaking News

    Artikel: Jangan Takut Berkeringat Ketika Beraktivitas

     

    Berkeringat adalah salah satu proses alami tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitar. Caranya dengan mengeluarkan cairan yang mengandung garam melalui kelenjar keringat. Normalnya keringat keluar ketika tubuh melakukan kegiatan yang cukup menguras tenaga, makan makanan pedas, demam, atau pada saat merasakan emosi tertentu seperti marah, malu, takut, atau grogi. Banyak dari kita yang tidak nyaman berkeringat karena efek lengket setelahnya. Oleh karena itu mereka menghindari aktivitas fisik yang memicu keringat, dan memilih berdiam di ruangan berpendingin. Padahal keringat merupakan efek alami tubuh untuk melindungi diri dari suhu yang tinggi. Keringat dapat mendinginkan suhu tubuh kita yang panas akibat banyak bergerak. Dan suhu panas di tubuh memang harus didinginkan

    keringat umumnya keluar saat seseorang melakukan gerakan fisik atau berada di ruangan yang cenderung panas. 

    Saat pelajaran olahraga di sekolah, guru mendorong Anda bergerak sebanyak mungkin sampai berkeringat. Karenanya, mata pelajaran tersebut biasanya mewjibkan siswa berada di luar ruang, seperti lapangan. Tanpa disadari, cara mendapatkan keringat sudah diajarkan sejak sekolah dulu. Nah, saat ini, apa untungnya cari keringat? Bicara soal itu, ternyata pada tiap jam, rata-rata manusia bisa menghasilkan keringat satu sampai tiga liter. tubuh manusia memiliki sekitar dua hingga lima juta kelenjar keringat yang bekerja di bawah kulitnya. Penyebab orang berkeringat pun ditentukan oleh karakteristik fisiologis, termasuk usia dan jenis kelamin, suhu ruangan, intensitas saat berolahraga, rasa cemas, dan kelebihan berat badan. Olahraga dan panas adalah penyebab keringat yang paling umum karena tugas utama keringat keluar, yakni untuk mendinginkan tubuh. Namun, badan yang berkeringat seringkali dikeluhkan karena membuat diri tak nyaman dan merusak penampilan.

    Saat tubuh bergerak dengan intensitas tinggi maka memicu metabolisme tubuh lebih tinggi karena melibatkan aktivitas otot lebih banyak dan keringat juga diproduksi lebih banyak, Wajar usai berjalan atau berolahraga di bawah paparan sinar matahari, tubuh secara otomatis mengeluarkan keringat.  Bersama keringat, tubuh juga mengeluarkan zat-zat yang bisa menjadi racun. Jadi jangan lagi takut berkeringat karena ini akan membuat tubuh lebih sehat. Ada banyak manfaat dari berkeringat saat melakukan aktivitas fisik, diantara manfaatnya adalah :

    1. Mengontrol suhu tubuh

    Kulit akan mengeluarkan keringat saat melakukan aktivitas yang membakar lemak atau aktivitas lainnya yang meningkatkan suhu tubuh. Keringat yang keluar dari tubuh akan membantu menjaga suhu tubuh untuk tetap normal. Dengan berkeringat, suhu tubuh yang tinggi akan dapat turun.

    2. Membuang racun pada tubuhmicro

    Manfaat lainnya dari kulit berkeringat adalah membuang racun pada tubuh. Sejumlah penelitian menemukan keringat yang keluar dari tubuh membawa banyak zat beracun. Itulah mengapa orang yang rajin berolahraga akan lebih sehat karena racun akan keluar dari dalam tubuh.

    3. Membersihkan kulit dari kotoran dan debu

    Kulit berkeringat akan membuat pori-pori yang tertutup kotoran dan debu terangkat. Sebab, keringat memiliki kandungan garam dan mineral yang dapat membersihkan kotoran dari kulit. Berkeringat juga membantu pengelupasan kulit dari sel-sel mati.

    4. Membantu mengatasi penyakit ringan

    Saat mengalami demam, Terkadang kulit akan berkeringat. Hal ini adalah upaya tubuh untuk menurunkan suhu tubuh agar tetap normal, yaitu dengan kulit berkeringat. Karna saat demam kondisi tubuh tidak normal, terutama suhu tubuh yang meningkat

    5. Membantu melawan infeksi pada kulit

    Ternyata kulit berkeringat juga memiliki manfaat untuk melawan infeksi pada kulit. Para pakar kesehatan menemukan bahwa keringat mengandung antibiotik atau peptida antimikroba alami yang dapat membunuh bakteri buruk di permukaan kulit. Jadi, jangan khawatir dengan kondisi kulit berkeringat  sebab, kulit berkeringat menandakan bahwa tubuh kita bekerja untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh. Akan tetapi, walaupun kulit berkeringat itu baik, tetap jaga kebersihan diri. Karena keringat juga mengandung zat-zat beracun yang mana jika tidak dibersihkan tentunya akan menimbulkan penyakit lain, terutama iritasi kulit

    Keringat juga harus dikontrol, agar memberikan manfaat dan efek baik bagi tubuh,cara mengontrol keringat yakni :

    Ganti baju

    Jika tubuh sudah bau akibat keringat, biasanya orang akan memilih untuk mandi. Tetapi jika Anda tidak sempat melakukan itu, sebaiknya ganti baju yang agar bau keringat tidak terlalu tajam menyengat.

    Mengelap Keringat

    Seseorang cenderung suka mengelap dahi yang berkeringat. Sebenarnya, secara teoritis kebiasaan itu tidak memberi efek apa-apa. Sebab jumlah keringat yang diseka pada dahi tidak seberapa dibandingkan yang dikeluarkan tubuh keseluruhan.

    Minum air

    Jika Anda termasuk orang yang selalu berkeringat, jangan malas minum air putih. Sebab jika tidak, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Aktivitas seperti olahraga biasanya membutuhkan tambahan cairan yang cukup banyak karena tubuh berkeringat.

    Pembersih

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika tubuh sering berkeringat namun tidak sempat mandi, ganti baju dan bersihkan daerah yang lembap. Pembersih itu akan membantu untuk membunuh bakteri dan membuat bau badan tidak terlalu asam.

    Kelenjar keringat

    Tinggal di daerah bersuhu tinggi jelas akan membuat Anda lebih sering berkeringat. Sementara daerah bersuhu rendah atau dingin membuat tubuh jarang mengeluarkan keringat. Jangan khawatir soal itu, sebab kelenjar keringat akan beradaptasi sesuai kondisi lingkungan. Itulah beberapa cara untuk mengontrol keringat. Jangan takut berkeringat karena keringat itu sehat


    Tetapi untuk menjaga kesehatan tubuh tidak ada salahnya juga untuk memeriksa kesehatan tubuh kedokter, karna keringat juga bukan indicator yang dapat menjamin kesehatan tubuh secara menyeluruh, apalagi jika berkeringat tidak dalam beraktivitas dan juga berkeringat secara berlebihan, Biasanya dokter akan melakukan beberapa tes untuk mengetahui penyebab keringat berlebihan yang dialami. Beberapa jenis tes yang mungkin dilakukan antara lain adalah pemeriksaan fisik, tes urine, tes darah, tes kertas, uji pati yodium, dan tes thermoregulatory.


    BIODATA PENULIS


    Nama         : DASRIL AMRI, S.Pd

    NIP :198712092011021001

    Pangkat/Golongan : III/B

    Jabatan           : GURU

    Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN

    Tempat & Tgl Lahir : BANTAN TUA, 9 DESEMBER 1987

    Jenis Kelamin    : LAKI-LAKI

    Agama    : ISLAM

    Nama Unit Kerja : SMA NEGERI 2 BENGKALIS

    E-mail    : dasril.amri@ymail.com

    Post Bottom Ad