• Breaking News

    Sekda Kota Batam Ajak Masyarakat Menggunakan Hak Pilihya Pada Pilkada Sehat


     

    BATAM- Melalui satu pantun, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid menyampaikan dua hal sekaligus guna mensukseskan Pilkada Serentak, 9 Desember mendatang.  Pertama mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya serta tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.


    "Penari cantik berbaju putih, berkata sopan senyum memikat. Mari gunakan hak pilih, kita wujudkan Pilkada Sehat," kata Jefridin disambut tepuk tangan peserta Dialog Kebangsaan Dalam Mewujudkan Pilkada Sehat Pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota Batam dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri di Hotel Sahid Batamcenter, Senin (18/11/2020) siang.


    Jefridin mensyukuri adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Batam bersama Polda Kepri tersebut. Pada praktiknya, kegiatan ini digelar dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19 dan dijadikan momentum untuk mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada Sehat 2020.


    "Memang perlu kita selaku warga negara punya kewajiban menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak ini," kata dia.


    Menurutnya, di saat yang sama pelaksanaan pilkada serentak ini berjalan ditengah pandemi Covid-19. Jefridin menyampaikan pelaksaan pilkada dan upaya menekan penyebaran Covid-19 harus dilakukan bersamaan.


    "Satu sisi pelaksanaan kenegaraan ini harus tetap jalan, karena kekosongan pimpinan daerah  tak boleh terjadi, satu sisi Covid-19 harus ditangani. Dua-duanya kita jalankan, Maka dari itu secara bijak kita diminta untuk melaksanakan keduanya," katanya.


    Untuk mewujudkan Pilkada Sehat, salah satu yang dilakukan adalah pelaksanaan kampanye sesuai aturan dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat,  kampanye luar ruangan tidak boleh lebih dari 100 orang sementara dalam ruangan tidak boleh lebih dari 50 orang.


    "Virus ini di dunia meningkat, Indonesia juga meningkat. Di Batam cenderung menurun, kita berharap tak ada lagi virus ini," harap dia.


    Untuk itu ia tidak bosan-bosannya mensosialisasikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Ia menyebutkan, penularan virus tersebut terjadi antar manusia. Maka dari itu hal yang paling efektif utuk mencegah penyebaran Covid-19 sembari menunggu vaksin adalah menerapkan protokol kesehatan.


    “Minimal empat hal yang perlu dilakukan yaitu teratur memakai masker, sering cuci tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan,” terang dia.


    Selain itu, ia menambah dua hal yang perlu dilakukan. Yakni senantiasa meningkatkan imun dengan rajin berolahraga. Selanjutnya yakni menjaga batin, dengan menjauhi segala bentuk ‘penyakit’ hati, seperti dengki, angkuh, hasud dan lain-lain.


    "Sampaikan ke seluruh warga kota Batam sukseskan pemilu, dengan menjalankan protokol kesehatan," ajak Jefridin.(*)


    Reporter: Dedi.

    Editor: Toni Octora. 


    Post Bottom Ad