Ticker

6/recent/ticker-posts

Sinergitas Dinsos dan Baznas Dumai Dalam Penanganan Orang Terlantar


DUMAI - Dinas sosial Kota Dumai terus melakukan penanganan terhadap warga atau orang terlantar yang ada di  kota Dumai. Meskipun dengan tidak tersedianya anggaran untuk pemulangan atau pengembalian warga atau orang terlantar di tahun 2020 sebanyak 44 orang, di antaranya 42 orang laki-laki dan 2 orang perempuan.
Pihak Dinas Sosial tetap berupaya bekerja secara maksimal sesuai dengan Tugas Pokok Fungsi sebagai Organisasi Perangkat Daerah yang melayani masyarakat di Bidang sosial.
Tidak hanya itu saja Pihak Dinas Sosial bersama Baznas Kota Dumai, Kepolisian, unsur masyarakat, TKSK, PSM  se Kecamatan Kota Dumai bekerja sama membantu proses pemulangan warga / orang terlantar ke daerah asalnya. Tentunya Pihak Dinas Sosial  dan Baznas akan  melakukan assessment terlebih dahulu kepada warga/ orang terlantar tersebut. Merupakan syarat mutlak bagi warga/ Orang terlantar untuk mengantongi Surat Keterangan Terlantar dari Pihak Kepolisian.


Sebelum dilakukan pengantaran ke daerah asal Orang Terlantar tersebut, pihak Dinsos Dumai terlebih dahulu melakukan pendataan, sehingga dapat diketahui asal usul warga tersebut. Selanjutnya warga/ Orang terlantar akan melalui proses Assesment. Assesment dilaksanakan oleh Pekerja Sosial yang ada di Dinas Sosial Kota Dumai. Kemudian persiapan kelengkapan berkas- berkas guna penyelesaian administrasi. Setelah tahap demi tahap dilalui sesuai dengan SOP yang ada maka warga/ Orang terlantar dapat dipulangkan kembali ke daerah asalnya. 






Dalam penjaringan Orang Terlantar (OT) ini, banyak yang masih kategori anak dibawah umur dan remaja serta orang dewasa baik yang muda maupun tua.



(Adv)
Editor: Budi