Ticker

6/recent/ticker-posts

Polres Dumai Gelar Rakor Eksternal Kesiapan Ops Lancang Kuning

 


DUMAI - Kamis (17/12/2020) mulai pukul 09.00 Wib, bertempat di Gedung Citra Waspada Polres Dumai dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Eksternal Operasi Lilin Lancang Kuning 2020, dalam rangka Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 diwilayah Kota Dumai.


Rakor Eksternal Operasi Lilin Lancang Kuning 2020 ini dipimpin langsung Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H didampingi Dandim 0320/Dumai yang diwakili oleh Pasi Ops Kodim 0320/Dumai Lettu (Inf) Zulkifli, Danlanal Kota Dumai yang diwakili oleh Kpt Lat (P) Sonny E dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Asnar, S.P, M.Si.


Rakor Eskternal juga dihadiri oleh Pasi Ops Den Arh Rudal 004/Dumai Letda M. Berlian Bahar, Perwakilan Sat Radar 232/Dumai Letda Kes Malvinas, Kepala Jasa Raharja Kota Dumai Rudi Elfis, S.E, M.M, Ka KSOP yang diwakili oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Kapten Agus Afrianto, M.M.


Kabid Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kota Dumai Okto Permadi, S.Sos, M.Si, Kasat Pol PP Kota Dumai yang diwakili oleh Penata TK I Ibnu Royan, Ketua Senkom Mitra Polri Agus Prianto, Perwakilan Terminal Tipe A Kota Dumai Eko Mardianto.


Perwakilan Terminal AKAP Kota Dumai Teddy Handoko, Kasi Yankes Dinas Kesehatan Kota Dumai Dr. M. Hafidz Permana, Wakil Ketua FKUB Kota Dumai Antonius Suharsono, Ketua Organda Kota Dumai S.W. Simanungkalit serta Pejabat Utama Polres Dumai dan seluruh Kapolsek Jajarannya.


Rakor dibuka secara resmi oleh Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakor dilaksanakan sebagai persiapan untuk pelaksanaan Operasi Lilin Lancang Kuning 2020 Dalam Rangka Pengamanan Natal 2020 Dan Perayaan Tahun Baru 2021 


Operasi Lilin Lancang Kuning 2020 akan digelar selama 15 hari mulai 21 Desember 2020 hingga 5 Januari 2021, selama Operasi akan didirikan 2 Pos Pengamanan dengan lokasi di Depan Pusat Perbelanjaan Ramayana Kota Dumai dan Simpang Perwira Kota Dumai. Serta 3 Pos Pelayanan dengan lokasi di Terminal AKAP, Pelabuhan RORO dan Pantai Koneng," jelas Kapolres Dumai.


Sehubungan dengan hal tersebut, lanjut Kapolres Dumai, akan segera dipersiapkan pendirian Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan serta kelengkapannya, termasuk personel gabungan dari berbagai instansi yang akan ditempatkan antara lain Personel Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, Senkom dan Petugas Kesehatan.


"Tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang dimana kali ini kita berada dalam masa pandemi Covid-19. Untuk itu kami mohon kepada rekan-rekan yang terlibat untuk senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat lagi," Ucap Kapolres.


Langkah-langkah yang harus kita laksanakan adalah mengantisipasi potensi yang terjadi dilapangan serta bersama-sama mencegah meningkatnya pasien positif terpapar Covid-19 di Kota Dumai," ungkap AKBP Andri Ananta Yudhistira, S.I.K, M.H.


Kita juga mengetahui bahwa hingga sampai saat sekarang masih banyaknya beredar aksi terorisme, lanjut Kapolres Dumai, ini harus menjadi atensi bagi kita yang dimana masyarakat kita merayakan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, ini harus kita jaga. Kita harus antisipasi aksi terorisme terkhususnya di Kota Dumai juga tidak menutup kemungkinan bahwa ada kerawanan lainnya seperti Curat, Curas, Curanmor dan lain sebagainya.


"Kegiatan Polri untuk tahun ini dalam Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 adalah melaksanakan Operasi Lilin Lancang Kuning 2020. Seperti tujuan dari rapat pada hari ini adalah sebagai sarana komunikasi, awal mulanya kerjasama yang baik dalam menjaga masyarakat kita melalui Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Ops Lilin Lancang Kuning 2020 dan pastikan selama pelaksanaan Operasi ini kita terhindar dari Covid-19," jelas Kapolres Dumai.


Rencana dari Polres Dumai yang sudah dikoordinasikan dengan Kominfo Kota Dumai, terang Kapolres Dumai, bahwa kita akan menghimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan atau membuat Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 dengan menggunakan petasan, dan lain sebagainya. Ini akan kita sosialisasikan kepada masyarakat.


"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan semua dalam pelaksanaan Pengamanan Pilkada 2020 yang dimana telah selesai pada tanggal 16 Desember dini hari oleh KPU Kota Dumai dan ini semua bisa kita laksanakan dengan baik, lancar, dan tidak ada hambatan sedikitpun," Papar Kapolres Dumai.


Terakhir, saya juga mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan yang sudah hadir, semoga rapat koordinasi yang menjadi sarana komunikasi kita dapat menjadi acuan dan atensi kita dalam pelaksaanan Operasi Lilin 2020 dan saya berharap dalam pelaksanaannya nanti kita senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT, dilancarkan dan tidak ada kendala," harap Kapolres Dumai.


Kegiatan Rakor Eksternal ini berakhir sekira pukul 15.00 Wib, yang ditutup secara resmi oleh Kapolres Kampar, seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman, lancar dan disiplin menerapkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19.



Sumber: Kbg Hms Polres Dumai.

Editor: Toni Octora.