Ticker

6/recent/ticker-posts

Cegah Banjir, Wabup Rohil Minta Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan


 

ROHIL- Bagansiapiapi yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menjadi langganan banjir jika telah memasuki musim penghujan di setiap tahunnya di Kec. Bangko Kab. Rohil.


Terjadinya banjir, disinyalir disebabkan beberapa faktor seperti tersumbat nya saluran air kanal yang ada di Kecamatan Bangko. Guna mengantisipasi terjadinya banjir tersebut, Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. 


Hal tersebut di ungkapkan Wabup saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M yang diselenggarakan di Jalan bersama, Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko, Jumat (12/11/2021) malam. 


" Terutama menjaga kebersihan dari lingkungan rumah kita masing-masing dulu, jangan membuang sampah sembarangan yang dapat mengakibatkan penyumbatan saluran air," katanya.


Pemrintah daerah lanjut Wabup, saat ini tengah berupaya melakukan berbagai langkah dalam mengatasi persoalan banjir yang setiap tahunnya melanda ibu kota Bagansiapiapi. 


Adapun beberapa langkah yang telah dilakukan sebut nya, seperti normalisasi seluruh kanal yang ada di Kecamatan Bangko serta pembersihan seluruh saluran air yang selama ini telah tersumbat baik oleh sampah maupun lumpur.


Selain itu tambahnya, jika memasuki musim penghujan, maka rawan terjadinya penyakit malaria. Sehingga, dengan membersihkan lingkungan maka akan meminimalisir berkembang nya nyamuk malaria tersebut.



Sumber: Rls.

Reporter: TO.