Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

27 Saksi Kecelakaan Kerja Ledakan Tungku Smelter PT ITSS Morowali Diperiksa

27 Saksi Kecelakaan Kerja Ledakan Tungku Smelter PT ITSS Morowali Diperiksa

Kasus ledakan tungku smelter yang mengguncang PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Morowali, Sulawesi Tengah, kini mengalami peningkatan status oleh Polda Sulawesi Tengah (Sulteng). Setidaknya 27 saksi telah menjalani pemeriksaan terkait peristiwa tragis tersebut.

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol. Djoko Wienartono, mengungkapkan bahwa saksi yang telah diperiksa melibatkan karyawan, korban, manajemen, dan 2 orang saksi ahli dalam bidang pidana dan ketenagakerjaan. Meskipun sejumlah pemeriksaan telah dilakukan, hingga saat ini belum ada tersangka yang ditetapkan.

"Hingga saat ini belum ada tersangkanya, tim gabungan masih akan melakukan pendalaman untuk menetapkan tersangka yang nantinya akan diumumkan pada gelar perkara berikutnya," ujarnya dalam keterangannya di hadapan wartawan pada Rabu (3/1/2024).

Dalam upayanya mengungkap kebenaran, Djoko Wienartono menjelaskan bahwa polisi juga telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Sementara itu, jumlah korban tewas akibat ledakan tungku PT ITSS telah bertambah menjadi 21 orang, sementara 38 orang lainnya masih dirawat.

"Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan hasil proses perkara yang telah dilakukan siang tadi. Tingkat perkaranya untuk eskalasi dari penyidikan ke tahap penyidikan," tambah Djoko.

Diketahui, tim penyidik telah memulai penyidikan terhadap kasus ledakan tungku smelter ini pada Rabu (3/1/2023). Keputusan ini didasarkan pada bukti-bukti, keterangan saksi, dan keterangan ahli yang telah dikolaborasikan, sehingga penyidik menyimpulkan bahwa kasus ini layak untuk diselidiki lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "27 Saksi Kecelakaan Kerja Ledakan Tungku Smelter PT ITSS Morowali Diperiksa"